Postingan

Menampilkan postingan dari April 21, 2011

Setel Lampu Depan Bajaj Pulsar 220 DTS-i

Gambar
MotoBike - Pada generasi Bajaj Pulsar sebelumnya (Pulsar 180, 200 maupun 135), pembesutnya tak jarang yang merasa sorot lampu depan motor sport asal India itu kurang mumpuni membelah kepekatan malam. Terutama bagi Pulsarmania penyuka turing yang kerap jalan malam. Makanya, gak sedikit yang kemudian meng- upgrade kinerja headlamp- nya. Misalnya mengganti bohlam-nya dengan jenis HID. Tapi sekarang tak perlu gonta-ganti bohlam lagi deh kalau naik Pulsar 220 DTS-i (P220) yang belum lama diluncurkan PT Bajaj Auto Indonesia (BAI). Karena kemampuan pencahayaan lampu depan standarnya bisa diandalkan lantaran sudah mengusung jenis proyektor (gbr.1) . Mungkin saat ini P220 adalah motor dengan sorot lampu paling terang dibanding motor-motor lain. “Tak perlu pake HID lagi nih. Mantap banget buat menembus kepekatan malam melewati kawasan yang tanpa penerangan jalan sekali pun,” bilang Mr.Testo yang sempat menjajal motor ini dari Jakarta menuju Pelabuhan Ratu, Sukabumi (Jabar) y...

Biar Tangki Bajaj Pulsar Enggak Masuk Air

Gambar
MotoBike - Banyak cerita yang masuk kalau bahan bakar Bajaj Pulsar mulai generasi 135 hingga 180 sering tercampur air. Ketahuannya ketika bongkar karburator, bahkan kalau dibiarkan lama kelamaan bakal cepat terlihat dari bibir tangki Pulsar yang berkarat. Ihhh, enggak mau dong punya motor karatan. Maka dari itu, mencegahnya ternyata gampang bin mudah. Nih,  contohnya pada Pulsar 135. Tapi cara ini bisa diaplikasi ke semua generasi Pulsar, lo. "Sebabnya dari slang breather tangki yang tertekuk. Akibatnya tumpahan air hujan yang keburu masuk enggak terbuang sempurna, jadi sebagian masuk ke dalam tangki," terang Getty Setiawan, Kepala Bengkel Plasa Motorsport, dealer resmi Bajaj di Jl. Arteri Kelapa Dua No.88B, Jakbar. Mumpung ketahuan dari awal kan. Mengatasi air membandel tersebut mudah kok, cukup dengan melepas slang.   "Jangan khawatir kalau ada anggapan nanti air justru akan mengalir ke rangka dan bikin karatan. Air akan langsung habis menguap karena pan...

Bedah Teknologi Bajaj Pulsar 220 DTS-i

Gambar
Dibanderoli Rp 18,6 juta oleh PT Bajaj Auto Indonesia, Bajaj Pulsar 220F DTS-i cukup menggoda konsumen. Maklum, dilengkapi aneka fitur dan teknologi. Ada apa aja, sih? Mari kita jabarkan satu per satu, dari mesin, pengapian, kelistrikan, hingga kaki-kaki. Roller Rocker Arm Pemakaian pelatuk dilengkapi roller/bearing kian jamak di hampir semua motor. Varian Pulsar hingga seri 220F pun punya. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, karena gesekan jadi lebih rendah. Oil Cooler Disematkan pada mesin yang punya bore x stroke 67 x 62,4 mm ini. “Untuk menyetabilkan suhu mesin,” terang Setyo Pribadi, national service manager PT BAI. TEC & Catalytic Converter Torque Expansion Chamber (TEC) berupa ruang tambahan di knalpot, bentuknya mirip tembolok. Berfungsi menambah torsi kala putaran rendah, karena akan bisa menaikkan kevakuman, sehingga bisa menarik bahan bakar lebih banyak ke ruang bakar. Catalytic converter tentu sebagai pengurang emisi gas buang, sehingga ses...