Biar Tangki Bajaj Pulsar Enggak Masuk Air

MotoBike - Banyak cerita yang masuk kalau bahan bakar Bajaj Pulsar mulai generasi 135 hingga 180 sering tercampur air. Ketahuannya ketika bongkar karburator, bahkan kalau dibiarkan lama kelamaan bakal cepat terlihat dari bibir tangki Pulsar yang berkarat. Ihhh, enggak mau dong punya motor karatan. Maka dari itu, mencegahnya ternyata gampang bin mudah. Nih,  contohnya pada Pulsar 135. Tapi cara ini bisa diaplikasi ke semua generasi Pulsar, lo.

"Sebabnya dari slang breather tangki yang tertekuk. Akibatnya tumpahan air hujan yang keburu masuk enggak terbuang sempurna, jadi sebagian masuk ke dalam tangki," terang Getty Setiawan, Kepala Bengkel Plasa Motorsport, dealer resmi Bajaj di Jl. Arteri Kelapa Dua No.88B, Jakbar. Mumpung ketahuan dari awal kan. Mengatasi air membandel tersebut mudah kok, cukup dengan melepas slang.
 
"Jangan khawatir kalau ada anggapan nanti air justru akan mengalir ke rangka dan bikin karatan. Air akan langsung habis menguap karena panas mesin," jelas Getty, panggilan akrab pria bertubuh tinggi besar ini. Sekarang tinggal ikuti caranya supaya terbebas dari masalah karat nih.

Pertama tentu harus buka tangki dulu. Posisikan motor dengan standar tengah untuk memudahkan pekerjaan. "Awas sebelum melepas tangki, pastikan posisi keran bensin di posisi Off, dan lepas slang bensin yang menuju karburator (gbr.1)," papar Helmy, mekanik Plasa Motorsport yang turun membantu. Cukup menggunakan tangan untuk melepas klem besi pada slang.
 
Langkah selanjutnya mesti copot jok depan dan belakang. Kalau jok belakang cukup tarik kabel pengunci di sisi kiri, beda dengan jok depan yang harus lepas baut 10 mm di bagian belakang jok (gbr.2). Tapi jangan ketinggalan lepas boks samping dengan kunci kontak yah!

Begitu posisi jok terbebas, nanti bakal kelihatan tuh baut 10 mm pengunci tangki (gbr.3). Lepas dengan kunci sok, lalu cabut tangki perlahan. Cabut tangki dengan menarik ke atas sedikit, lalu tarik ke belakang untuk melepas tangki dari dudukannya. "Hati-hati ada soket indikator bensin warna kuning yang harus dilepas sebelum mencopot tangki," wanti Helmy lagi.

Tangki sudah bebas, next step tinggal cabut slang breather yang berada di sisi bawah tangki (gbr.4). Masih sama dengan slang lainnya, cukup dengan melepas klem penguncinya. Enggak perlu repot gotong-gotong tangki, tinggal angkat sedikit, lalu lepas slang deh. Gampang kan, gampang kan...

(artikel ini diambil dari = MOTO BIKE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setel Lampu Depan Bajaj Pulsar 220 DTS-i

Bedah Teknologi Bajaj Pulsar 220 DTS-i